Modul Pertemuan 3-4 : Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

 

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer.
  2. Siswa memahami fungsi dan peran perangkat komunikasi modern seperti smartphone, tablet, dan laptop.
  3. Siswa mengenal konsep Internet of Things (IoT) dan memahami dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar (KD)

  • KD 3.1: Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
  • KD 4.1: Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

  • IPK 3.1.2: Mengidentifikasi berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • IPK 4.1.3: Memanfaatkan perangkat komunikasi modern untuk mencari dan menyajikan informasi.

D. Materi Pembelajaran

1. Perangkat Keras (Hardware)
  • Definisi: Perangkat keras adalah komponen fisik dari komputer atau sistem teknologi informasi lainnya. Ini termasuk semua bagian yang dapat disentuh dan dilihat.

  • Contoh Perangkat Keras:

    • Unit Pemrosesan Sentral (CPU): Otak dari komputer, yang melakukan perhitungan dan tugas pemrosesan data.
    • Memori (RAM): Penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.
    • Hard Drive/SSD: Penyimpanan jangka panjang untuk data dan perangkat lunak.
    • Perangkat Input: Keyboard, mouse, touchscreen, scanner.
    • Perangkat Output: Monitor, printer, speaker.
  • Fungsi Perangkat Keras: Setiap perangkat keras memiliki fungsi spesifik, seperti pemrosesan data, penyimpanan informasi, atau interaksi dengan pengguna.

2. Perangkat Lunak (Software)
  • Definisi: Perangkat lunak adalah instruksi yang memberi tahu perangkat keras apa yang harus dilakukan. Ini adalah bagian non-fisik dari komputer.

  • Jenis Perangkat Lunak:

    • Sistem Operasi: Contohnya adalah Windows, macOS, Linux, yang mengelola perangkat keras komputer dan menyediakan layanan untuk perangkat lunak lain.
    • Perangkat Lunak Aplikasi: Program yang digunakan untuk tugas tertentu, seperti Microsoft Office (pengolah kata, spreadsheet), Adobe Photoshop (pengedit gambar), dan web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox).
    • Perangkat Lunak Utilitas: Perangkat lunak yang membantu mengelola, memelihara, dan mengendalikan sumber daya komputer, seperti antivirus, program pengelola file, dll.
  • Fungsi Perangkat Lunak: Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, melakukan tugas-tugas tertentu, dan mengontrol fungsi perangkat keras.

3. Perangkat Komunikasi Modern
  • Smartphone: Perangkat multifungsi yang menggabungkan fungsi telepon, komputer, kamera, dan pemutar musik. Dapat digunakan untuk komunikasi, browsing internet, mengambil foto/video, dan banyak lagi.

  • Tablet: Komputer portabel yang lebih besar dari smartphone, umumnya digunakan untuk browsing internet, membaca, dan aplikasi multimedia.

  • Laptop: Komputer portabel dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer desktop, namun lebih mudah dibawa dan digunakan dalam berbagai lokasi.

  • Manfaat Perangkat Komunikasi Modern: Mempermudah komunikasi jarak jauh, akses informasi secara real-time, peningkatan produktivitas melalui aplikasi dan alat kerja digital.

4. Internet of Things (IoT)
  • Definisi: IoT adalah jaringan perangkat fisik yang terhubung ke internet, yang dapat mengumpulkan dan bertukar data. Perangkat ini termasuk barang-barang rumah tangga (seperti lampu pintar, termostat), kendaraan, perangkat medis, dan banyak lagi.

  • Contoh IoT:

    • Smart Home Devices: Lampu pintar, kunci pintu digital, kamera keamanan.
    • Kendaraan Terhubung: Mobil dengan GPS dan kemampuan internet untuk navigasi dan informasi real-time.
    • Perangkat Kesehatan: Monitor kesehatan seperti smartwatch yang memantau detak jantung, aktivitas fisik, dll.
  • Dampak IoT:

    • Positif: Efisiensi waktu, otomatisasi tugas sehari-hari, peningkatan keamanan dan kenyamanan.
    • Negatif: Masalah privasi dan keamanan data, ketergantungan teknologi.

E. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah Interaktif: Guru memberikan penjelasan mengenai konsep perangkat keras, perangkat lunak, perangkat komunikasi modern, dan IoT. Siswa diizinkan untuk mengajukan pertanyaan sepanjang penjelasan.
  2. Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan diberikan tugas untuk mendiskusikan dan mencatat contoh nyata dari perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari.
  3. Presentasi Kelompok: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka mengenai perangkat keras dan perangkat lunak yang mereka temui sehari-hari, termasuk bagaimana mereka menggunakan perangkat komunikasi modern.

F. Media dan Alat Pembelajaran

  • Proyektor untuk menampilkan slide presentasi.
  • Komputer/laptop untuk demonstrasi penggunaan perangkat lunak.
  • Contoh fisik perangkat keras (jika memungkinkan).
  • Materi presentasi (slide PowerPoint atau dokumen PDF).

G. Sumber Belajar

  1. Buku Teks TIK kelas X.
  2. Artikel online dan video yang relevan tentang teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Sumber daya dari internet tentang IoT, perangkat keras, dan perangkat lunak.

H. Penilaian

  1. Penilaian Formatif: Melalui tanya jawab dan diskusi selama pelajaran.
  2. Penilaian Keterampilan: Observasi saat siswa menggunakan perangkat lunak dan perangkat komunikasi modern.
  3. Penilaian Produk: Tugas individu untuk membuat laporan singkat tentang salah satu perangkat komunikasi modern dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

I. Rencana Tindak Lanjut

  • Memberikan tugas tambahan untuk siswa mencari dan menganalisis perkembangan terbaru dalam teknologi komunikasi dan IoT.
  • Mempersiapkan kunjungan ke pusat teknologi (jika memungkinkan) atau mengundang pembicara tamu dari industri teknologi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.